1. Persiapan yang Kurang

Persiapan yang kurang adalah salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para pelamar saat menghadapi interview online. Ketika Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview, Anda akan kesulitan menjawab pertanyaan dengan baik dan memberikan kesan positif kepada pewawancara. Lakukan riset tentang perusahaan, perhatikan detail-detail penting dalam pekerjaan yang Anda lamar, dan latih diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview.

Pertama, pastikan Anda memahami dengan baik pekerjaan yang Anda lamar. Carilah informasi tentang perusahaan, budaya kerja, dan tanggung jawab pekerjaan yang Anda inginkan. Hal ini akan membantu Anda untuk memberikan jawaban yang relevan dan menunjukkan minat Anda dalam perusahaan tersebut.

Kedua, latih diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview. Misalnya, pertanyaan tentang kelebihan dan kelemahan diri, alasan Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, atau bagaimana Anda mengatasi konflik dalam tim. Latihan ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan sehingga meningkatkan peluang Anda untuk lolos dalam interview.

2. Setting yang Tidak Tepat

Salah satu aspek penting dalam sebuah interview online adalah setting yang tepat. Jika Anda tidak memperhatikan setting dengan baik, maka hal itu dapat menjadi kesalahan fatal yang mengganggu jalannya interview. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil, pencahayaan yang cukup, dan lingkungan yang tenang. Jangan lupa untuk mengecek perangkat audio dan video Anda sebelum interview dimulai.

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Jika sinyal internet Anda lemah, bisa jadi suara dan gambar Anda akan terputus-putus atau tidak selaras. Ini dapat mengganggu alur wawancara dan memberikan kesan negatif pada pewawancara. Usahakan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil dan memiliki kecepatan yang cukup untuk melakukan wawancara secara lancar.

Kedua, perhatikan pencahayaan yang cukup. Jika Anda berada dalam ruangan yang terlalu gelap atau terlalu terang, pewawancara mungkin akan kesulitan melihat Anda dengan jelas. Pastikan pencahayaan di sekitar Anda cukup terang, tetapi tidak terlalu terang sehingga mengganggu kenyamanan pemirsa.

3. Komunikasi yang Tidak Efektif

Komunikasi yang tidak efektif adalah salah satu kesalahan fatal yang harus dihindari saat menghadapi interview online. Pewawancara akan menilai kemampuan komunikasi Anda melalui cara Anda berbicara, menjawab pertanyaan, dan berinteraksi secara keseluruhan. Jika Anda tidak berkomunikasi dengan baik, maka kesan yang buruk akan tertinggal pada pewawancara.

Pertama, berbicara dengan jelas dan terartikulasi adalah hal yang penting dalam sebuah interview. Jika Anda berbicara dengan cepat, tergagap-gagap, atau menggunakan bahasa yang tidak jelas, pewawancara mungkin akan sulit memahami apa yang Anda sampaikan. Latih diri Anda untuk berbicara dengan jelas, menggunakan intonasi yang tepat, dan menjaga kecepatan bicara yang wajar.

Kedua, dengarkan pertanyaan dengan seksama sebelum menjawab. Jika Anda terlalu terburu-buru dalam menjawab pertanyaan, Anda mungkin akan melewatkan informasi penting yang diinginkan oleh pewawancara. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk memahami dengan benar pertanyaan yang diajukan sebelum memberikan jawaban yang tepat.

4. Kurangnya Ekspresi dan Kontak Mata

Kurangnya ekspresi dan kontak mata merupakan kesalahan fatal lainnya dalam interview online. Pewawancara akan menilai bagaimana Anda berinteraksi melalui ekspresi wajah dan kontak mata yang Anda tunjukkan. Jika Anda terlihat datar dan tidak ada interaksi mata, pewawancara bisa mendapatkan kesan bahwa Anda tidak tertarik dengan pekerjaan atau kurang memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Pertama, tunjukkan ekspresi wajah yang menunjukkan ketertarikan dan antusiasme saat berbicara dengan pewawancara. Berikan senyuman yang ramah dan menunjukkan keinginan Anda untuk bekerja dalam perusahaan mereka. Ini dapat membuat pewawancara merasa lebih nyaman dan memberikan kesan positif kepada mereka.

Kedua, jangan lupa menjaga kontak mata dengan pewawancara. Jika Anda terus-menerus melihat ke samping atau ke bawah, pewawancara mungkin akan merasa bahwa Anda tidak fokus dalam percakapan. Dengan menjaga kontak mata, Anda menunjukkan rasa percaya diri dan keterlibatan Anda dalam interview tersebut.

FAQ

Pertanyaan 1

Bagaimana jika saya mengalami gangguan teknis selama interview online?

Jawaban: Jika Anda mengalami gangguan teknis seperti putusnya koneksi internet atau masalah audio/video, sebaiknya segera beri tahu pewawancara dengan sopan. Usahakan untuk tetap tenang dan mencari solusi secepat mungkin. Misalnya, meminta untuk melakukan interview ulang atau menyarankan penggunaan platform yang lebih stabil.

Pertanyaan 2

Apakah saya boleh menggunakan catatan selama interview online?

Jawaban: Sebaiknya Anda berkomunikasi dengan pewawancara terlebih dahulu mengenai penggunaan catatan selama interview online. Beberapa perusahaan mungkin tidak mengizinkan penggunaan catatan karena ingin melihat kemampuan Anda dalam menyampaikan informasi tanpa bergantung pada catatan tertulis. Namun, ada juga perusahaan yang mengizinkan penggunaan catatan sebagai referensi selama interview.

Tips Bonus

  • Latih diri Anda untuk berbicara dengan jelas dan terartikulasi
  • Perhatikan pencahayaan yang cukup di sekitar Anda
  • Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang sering muncul
  • Maintain kontak mata dengan pewawancara
  • Pastikan koneksi internet yang stabil

Kesimpulan

Dalam menghadapi interview online, terdapat beberapa kesalahan fatal yang harus dihindari. Persiapan yang kurang, setting yang tidak tepat, komunikasi yang tidak efektif, dan kurangnya ekspresi dan kontak mata adalah kesalahan yang umum terjadi. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dan memperhatikan tips-tips yang telah disebutkan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam interview online. Teruslah mengikuti artikel-artikel terbaru dari Tips Tiap Hari untuk mendapatkan tips dan informasi berguna terkait dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *